650 Views
Read Time:4 Minute, 21 Second

Sebelumnya, aku HAMPIR NGGAK PERNAH pake sunscreen, sun block, atau lini produk sejenis sun care. Tapi setelah membaca betapa pentingnya penggunaan produk sun care untuk aktivitas keseharian untuk kulitku yang kombinasi ke kering, mudah banget timbul kerutan di area mata, akhirnya aku bergerilya mencari sun care untuk tipe kulitku.

Permasalahannya adalah, aku pernah punya pengalaman buruk pake sunscreen dulu kala. Wajahku jadi basah total, berminyak, pokoknya nggak nyaman deh di wajah. Makanya aku cukup selektif memilih produk sun care. Kebetulan, aku nemu produk The SAEM ini saat bergerilya di Shopee. Lagi ada Rp 150.000 buy 1 get 1 cihuuyyyyy. Langsung deh check out belanjaan.

PACKAGING

Begitu melihat foto produk ini, aku langsung dapat menyimpulkan bahwa produk ini memang adalah produk sun care. Tulisan SPF yang di bold dan ada logo matahari membuatku langsung tau kegunaan produk ini.

Hanya saja, buatku packaging ini kurang menarik untuk penyuka barang-barang imut sepertiku. Di tampilan depan produk ini hanya terdapat tulisan yang cenderung monoton. Tapi packaging ini praktis untuk dibawa kemana-mana karena berbentuk tube sehingga higenis dan aman, serta kalau dibawa travelling naik pesawat aman lah yaa nggak akan disita.

Sumber: Pribadi
Sumber: Pribadi

CLAIM

Tagline produk ini adalah ‘Extra Powerful Sun Protection in Daily Life’, produk sun care yang melembutkan dan menenangkan kulit yang diformulasikan dengan Calamine Lotion dengan beberapa kegunaan sebagai berikut :
1. Memproteksi kulit dari sinar UV
2. Melindungi kulit dari stimulus eksternal dan mempertahankan kulit agar kulit tetap sehat dan cerah
3. Melembutkan dan menghidrasi kulit
4. Aman digunakan terutama bagi pemilik kulit sensitif

INGREDIENTS

Purified water, cyclopentasiloxane, zinc oxide, propanediol, phenyltrimethicone, titanium dioxide, calamine, PEG-10 dimethicone, dimethicone, cyclomethicone, pentylene glycol, disteadimonium hectorite, magnesium Sulfate, Chia seed extract, Centella asiatica extract, Eoseongcho extract, aluminum hydroxide, hydrogen dimethicone, stearic acid, dimethicone crosspolymer, sorbitan sesquioleate, fructooligosaccharide, saccharide hydrolysate, Pullulan, 1,2-hexanediol, ethylhexyl glycerin, octyldodecanol, calendula flower oil, maca root extract, chamomile flower water, damask rose flower water, ethanol, glycerin, blue with seed oil, butylene glycol, Pink needle flower/leaf/stem extract, dipropylene glycol, balloon vine flower/leaf/vine extract, sunflower seed oil unsaponifiable, madecassoside, carambola fruit extract, chamomile extract, drumstick tree seed extract, tocopherol, maltose Dextrin, phenoxyethanol, fragrance

Dari kandungan yang aku sorot diatas, maka sun cream ini termasuk kategori physical sunscreen yaa :). Dan tidak ada kandungan alkohol di dalamnya. Sehingga untuk bumil dan busui yang kulitnya menjadi sensitif pada alkohol, bisa dibilang produk ini aman buat kalian.

EXPERIENCE

Produk ini adalah sunscreen keduaku setelah aku memakai produk Wardah bertahun-tahun yang lalu. Aku termasuk jenis manusia yang sangaaaattttt supeeerrrrrr jaraaaanggg buangeeeettttt pake sunscreen. Pertama, aku merasa pakai sunscreen itu bikin lengket sama keringetan. Kedua, aku merasa nggak penting pakai sunscreen karena aku biasa memakai BB Cream yang sudah ada kandungan SPF-nya. Kalau dirumah pun sebelumnya nggak pernah pakai sunscreen.

Tapi, setelah membaca dan diingatkan teman mengenai pentingnya suncreen, akhirnya aku memutuskan untuk berusaha rajin pakai. Berusaha loh yaaahhh…. Belum konsisteeen :P.

Ketika aku oleskan di tangan sebelum pakai, cream-nya berwarna pink (iyalaahhh…. masa hijau X’D). Pertama kali dioleskan, memang terasa lumayan lengket dan sticky gitu rasanya. Sunscreen ini memiliki efek tone up yang membuat kulit setingkat terlihat lebih cerah. Tapi setelah 20 menitan, efek tone up ini jadi menghilang dan jatuhnya nge-blend dengan kulit. Selain itu, produk ini memiliki efek matte juga setelah dipakai.

Sumber: Pribadi
Sumber: Pribadi

Suncreen ini memang cepat banget meresap di kulit, tidak menimbulkan efek greasy overwhelming, dan memiliki efek melembabkan kulit. Dan bagiku, sunscreen ini seperti mengunci skincare routine yang biasa ku lakukan. Selain itu, wangi dari sunscreen ini bagiku tidak menyengat dan sangat bagus untuk menjadi base make up. Hanya saja, efek sticky ini sangat lama hilangnya. Bisa berjam-jam! Jadi untuk kalian yang tidak suka produk sunscreen dengan efek lengket di wajah, aku kurang merekomendasikan produk ini.

Sumber: Pribadi

Sunscreen ini sangat cocok untuk dipakai kegiatan outdoor di kondisi udara yang cukup berangin, hanya saja untuk cuaca panas memang harus re-apply berulang kali minimal 2 jam sekali untuk lebih mencegah terkena sinar UV A. Aku sendiri memakai sunscreen ini saat maternity photoshoot di pantai dan membuat make up-ku bertahan lama di tengah terik matahari. Alhasil, mukaku jadi nggak kusam maupun gosong setelah pulang dari pantai.

Namun untuk pemakaian aktivitas di rumah, aku kurang suka sunscreen ini. Selain efek lengketnya, ketika produk ini aku pakai di rumah untuk aktivitas di rumah, mungkin karena di dalem rumah juga udaranya lembab dan panas, akhirnya mukaku jadi mudah berkeringat deras. Aku harus bolak-balik mengelap wajah memakai tissue karena menjadi sering mengeluarkan keringat. Ketika wajahku keringetan, entah aku masih salah cara aplikasi atau karena aku pakai rangkaian skincare yang menghidrasi kulit sebelum pemakaian produk ini, jadinya terlihat belang gitu. Aku harus set pakai mineral powder supaya nggak timbul efek white cast 🙁

Sumber: Pribadi

Overall, aku cukup suka dengan sunscreen ini karena cocok di kulitku yang kombinasi ke kering, menjaga kekenyalan dan kesehatan kulitku, mudah dibawa kemana-mana, melembabkan kulitku, dan nggak bikin kulitku bruntusan.

Rating untuk produk ini: 3.5/5

Repurchase? Hmm… Masih mau mencoba sunscreen lain sih.

Sekian review produk sunscreen dari aku. Kalau kalian biasa pakai suncreen apa dan bagaimana kesan kalian dengan produk itu? Yuk, share di kolom komentar!

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post Rekomendasi Tahapan Skincare Untuk Ibu Hamil Ala Huda
Next post [Video Tutorial] DIY BB Cushion Dengan Efek Cooling dan Glowing!

4 thoughts on “[Review] The SAEM Eco Earth Power Pink Sun Cream SPF50+ PA++++

  1. I blog frequently and I seriously thank you for your content. The article has really peaked my interest. I am going to bookmark your site and keep checking for new information about once per week. I subscribed to your Feed as well. Meggi Silvan Schwinn

  2. Hello! This is my first comment here so I just wanted to give a quick shout out and tell you I genuinely enjoy reading through
    your articles. Can you recommend any other blogs/websites/forums that go over the same subjects?

    Many thanks!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *