772 Views
Read Time:7 Minute, 24 Second

Meskipun ini adalah kehamilan pertamaku, tapi sejujurnya ini bukan kehamilan yang direncanakan. Sebelum mendadak hamil, aku sudah di diagnosa infertil oleh dokter dimana sel telurku tidak diketahui apakah bisa matang atau tidak serta ukurannya lebih kecil dari sel telur normal. Aku yang masih dalam pengobatan, otomatis bingung karena berarti banyak hal harus disesuaikan, termasuk skincare yang dipakai.

Alhamdulillah karena hebatnya Mbah Gugel, aku mencari tahu banyak soal kandungan kimia pada skincare yang tidak boleh digunakan oleh ibu hamil. Berikut kira-kira daftar kandungan skincare yang tidak boleh ada di skincare bagi ibu hamil:

  • Hydroquinone / Glutathione / Merkuri
  • Accutane / Retinoids / Retinyl Palmitate / Tretinoin / Derivative Vitamin A
  • BHA / Salicylic Acid / Benzoyl Peroxide 
  • Avobenzone / Homosalate
  • Diethanolamine / DEA
  • Aluminum Chloride
  • Synthetic Fragrance
  • Glutathione
  • Parabens
  • Adapalene
  • Benzoyl Peroxide
  • Salicyl Acid
  • Sodium Lauryl Sulfat

Bahan kandungan diatas rawan menyebabkan cacat janin atau gangguan kehamilan lainnya hingga sebaiknya dihindari. Rata-rata, kandungan tersebut kita temui pada skincare untuk kulit berjewarat, pencegahan penuaan dini, atau pemutih kulit. Tapi kalau mau simpel dan aman, kalian sebenarnya bisa menggunakan produk untuk bayi ataupun skincare yang berbahan dasar organic maupun vegan. Beberapa merek skincare yang meng-klaim bahwa mereka bumil-friendly yaitu Wardah, Safi, Skin Dewi, Sensatia Botanicals, Evershine, Bali Alus, The Body Shop, Innisfree, Nature Republic, The Face Shop, LANEIGE, Dear Klairs, Whamisa, dan masih banyak lagi lah kalau aku sebutin.

Selain memperhatikan kandungan skincare yang dipakai, aku sendiri melakukan diet skincare dengan memangkas berbagai urutan skincare yang aku pakai. Mungkin karena aku masuk kategori gampang parno, dan selama hamil aku nggak mau banyak memakai skincare untuk mengurangi jumlah penyerapan kimiawi ke tubuh. Penggunaan skincare juga sering aku jeda 2 hari sekali terkecuali yang sangat diperlukan bagiku.

Ketika hamil, kulitku perlahan berubah menjadi sangat kering, mudah gatal, dehidrasi juga, tapi mulai jalan bulan ketiga berjerawat. Selain itu, kulitku juga menjadi kusam tapi aku gampang sekali merasa kepanasan dan berkeringat.

Okkeeeee daripada lama-lama, langsung capcuusss ke intinya yaitu skincare ala Huda untuk kaum bumil.

_________

Skincare Step di Pagi Hari

Untuk skincare di pagi hari, aku lebih memilih skincare yang mudah kering dan nggak bikin wajah cepet basah akibat panasnya suhu udara meskipun di dalam rumah.

1. Micellar Water
Saat pagi hari habis bangun tidur, micellar water ini penting untuk membersihkan kotoran debu yang menempel saat tidur supaya wajah terjaga kebersihannya. Untuk micellar water, cobalah pilih yang sebisa mungkin tidak mengandung alkohol. Kalaupun ada, sesuaikan dengan jenis kulit kalian terutama bagi kalian yang memiliki kulit sensitif.

Untuk micellar water, aku pakai merek Nivea Pearl White Micellair yang memiliki 0% Alcohol. Habis pakai ini, muka memang berasa lebih fresh tapi juga nggak terlalu kering di kulitku.

2. Toner
Penggunaan toner di pagi hari membantu menenangkan, menghaluskan kulit, dan mempersiapkan wajah untuk menerima rangkaian perawatan wajah selanjutnya. Aku memilih toner wajah yang berfungsi melembabkan kulitku ketika hamil, yaitu hydrating toner.

Pilihanku jatuh salah satu brand Korea favoritku, yaitu The Saem. Setelah jatuh cinta dengan produk Iceland Hydrating Soothing Gel mereka, aku memutuskan untuk menggunakan Iceland Hydrating Toner untuk menghidrasi kulit aku. Dan benar saja, toner ini memang melembabkan wajahku.

3. Soothing Gel
Kalau ada yang nanya kenapa aku langsung memilih soothing gel, balik lagi ke statement awal. Aku nggak mau banyak intake kimiawi, dan melakukan diet skincare. Makanya untuk praktisnya, aku langsung ke soothing gel.

Untuk tetap menjaga kelembapan kulit dan menenangkan kulit juga, aku memilih soothing gel yang memiliki kandungan aloe vera dan ice. Naaahhh…. soothing gel andalanku supaya aku juga nggak mudah kepanasan yaitu Jeju Aloe Refreshing Gel dari The Face Shop. Memang sih PRnya pakai soothing gel ini adalah keringnya cukup lama bisa 15 menitan itu pun aku harus pakai kipas angin dulu supaya meresap. Tapi lembabnya bener-bener awet di kulitku!

Sumber: aviccashopping.com

4. Sunscreen
Meskipun sedang hamil, sunscreen ini termasuk benda wajib yah gaeesss kalau keluar rumah. Karena kulit ibu hamil menjadi lebih sensitif, maka kulit tetap harus dilapisi untuk menghindari paparan sinar UVB pada kulit. Hindari jenis chemical sunscreen yang mengandung poxybenzone, homosalate, 4-methylbenzylidene camphor, octocrylene dan para-aminobenzoic acid.

Aku sendiri memilih sunscreen yang mengandung bahan organik untuk kulit sensitif yaitu Eco Earth Power Pink Sun Cream SPF50+ PA++++ dari The Saem. Saat dipakai, produk ini cepat meresap di kulitku dan nggak bikin langsung keringetan meskipun terasa agak sedikit lengket.

Sumber: thesaem.com

4. Lip Butter
Kenapa lebih memilih lip butter bukan lip balm? Jadi gini, setelah hamil, bibirku menjadi pecah-pecah yang cukup parah. Sering banget aku tarikin sampai berdarah. Kata dokter, ini bawaan hamil. Awalnya aku sudah memakai lip balm, tapi tetap aja ninggalin pecah-pecah meskipun lebih mending daripada nggak pakai sama sekali. Hasilnya beda banget dibandingkan setelah aku pakai lip butter. Bibirku sudah nggak pecah-pecah padahal frekuensi olesan pada kulitnya sama dengan lip balm.

Lip butter andalanku selama hamil adalah Nivea Lip Butter. Aku memilih yang seri Blueberry Blush karena aku sendiri adalah penggemar blueberry. Buatku, lip butter ini adalah terbaik dengan harga yang terjangkau.

5. Soothing Gel Mist
Naahhh… Ini adalah barang wajib yang kupakai setiap hari. Praktis, tinggal semprot ke wajah supaya wajah tetap lembab meskipun nggak pakai skincare. Ini menjadi barang wajib kedua yang aku bawa kemana-mana selain lip butter. Kalau lagi ngasih jeda nggak skincare-an, aku tetap pakai ini. Selain itu, aku juga bisa semprotin ke tangan atau bagian badanku yang merasa gatel.

Soothing gel mist andalanku selama hamil adalah Aloe Vera 92% Soothing Gel Mist dari Nature Republic yang super praktis. Tinggal semprot, tepuk-tepuk, kulit jadi enak dan lembab deh.

Sumber: Amazon

Skincare Step di Malam Hari

Penggunaan skincare di malam hari aku fokuskan pada perawatan kelembapan kulit yang lebih intens karena tidur terpapar AC agar kulitku tidak kering ketika bangun.

1. Cleansing Balm
Kalau aku habis keluar dan terpapar banyak debu, aku mewajibkan diriku untuk memakai cleansing balm supaya kulit bener-bener bersih. Karena, kalau pakai micellar water saja tidak cukup.

Cleansing balm favorit aku Himalayan Salt Cleansing Balm dari Nature Republic yang warna putih. Cleansing Balm ini bener-bener bisa mengangkat make up dan sisa residue yang melekat di wajah serta setelah dibilas, wajah bener-bener terasa lembut, lembab, kenyal juga.

Sumber: Tokopedia.com

2. Makser
Untuk masker selama hamil, aku berusaha menghindari yang bersifat peel-off maupun sheet mask. Aku memilih masker yang organic dan vegan. Masker ini hanya kugunakan 2-3 kali dalam seminggu.

Masker favoritku selama hamil adalah Face and Body Masker dari Bali Alus. Meskipun susah karena harus meracik agar takarannya pas, tapi masker ini juga mengandung scrub untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Setelah memakai masker ini, wajahku memang menjadi lembut, kenyal, dan ku akui halusssss bangeeet dehhh!

Sumber: Shopee.id

3. Facial Cleanser
Facial Cleanser yang aku pilih selama hamil adalah yang tidak banyak menghasilkan busa dan memberikan efek lembab dan kenyal. Sabun cuci muka yang aku pilih dari The Face Shop yang Herb Day 365 Cleansing Foam seri Acelora.

Sumber: Nykaa

4. Facial Scrub
Selama hamil, tentu ada aktivitas exofiolating tetap menjadi hal yang wajib. Hanya saja, aku memilih physical exofiolating dibandingkan dengan chemical exofiolating karena meskipun kulitku kering, tapi aku lebih cocok ke physical exofiolating. Dulu pernah mencoba chemical exofiolating tapi ternyata kulitku berasa kebakar dan panas. Facial scrub sendiri aku gunakan 2-3 kali dalam seminggu agar sel kulit mati terangkat.

Facial scrub andalanku tetap sama dari zaman sebelum hamil hingga setelah hamil, yaitu The Face Shop Pore Scrub Foam. Facil scrub ini bener-bener memberikan kesan segar dan bersih di wajahku setelah dipakai. Terus wajahku jadi lebih halus, kencang, sama pori-poriku mengecil.

Sumber: Sociolla

5. Toner
Toner aku masih pakai sama yang dipake saat pagi hari ya gaeesss 🙂

6. Ampoule
Untuk perawatan secara intens, aku lebih memilih ampoule daripada serum karena konsentratnya lebih tinggi.

Ampoule yang cukup sukses menghidrasi kulitku selama hamil yaitu The Saem Power Ampoule Hydra. Tapi hati-hati kalau pakai ini. Kita harus pastiin ampoule ini kering karena kalau ampoule ini dipakai di cuaca panas maka wajah langsung berkeringat deras. Habis pakai ini di malam hari., besoknya kulitku langsung kenyal banget!

Sumber: Zalora

7. Lip Sleeping Mask
Untuk malam hari, supaya menjaga agar bibirku tidak pecah-pecah para, aku selalu menggunakan lip sleeping mask. Lip sleeping mask favoritku ketika hamil adalah LANEIGE Lip Sleeping Mask. Lip sleeping mask ini berhasil mencegah bibirku pecah-pecah.

Sumber: Lazada

_________

Jadi, itulah tahapan skincare sekaligus diet skincare untuk ibu hamil ala aku, yang semuanya lebih aku tujukan untuk melembabkan kulitku yang jadi super kering dan mudah gatal. Saat hamil, meskipun ada jerawat, aku tidak pedulikan sama sekali. Buatku itu udah takdir alias bawaan hormon. Ketika wajahku terlihat kusam pun aku biarin aja. Soalnya kusam juga bawaan hormon sekaligus karena susah tidur.

Untuk produk yang digunakan, kalian bebas ganti pakai produk lain yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kalian. Jangan lupa cek ingredients-nya yaaah ladieess. 🙂

Happy
Happy
100 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post [Review] Nature Republic Skin Smoothing Body Peeling Mist
Next post [Review] The SAEM Eco Earth Power Pink Sun Cream SPF50+ PA++++

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *