70 Views
Read Time:5 Minute, 36 Second

Di hari keenam, tema  BPN 30 Day Ramadhan Blog Challenge 2021 ternyata cukup santai. Hari keenam challenge ini yaitu membahas mengenai top 5 serial TV favorit menurut peserta. Nah, disini aku ingin membagikan top 5 serial TV terbaik menurutku untuk kalian yang butuh motivasi. Mulai dari motivasi belajar, motivasi bekerja, motivasi hidup, hingga motivasi menggapai impian.

Oke, deh! Tanpa basa basi, langsung cuss aja!

1. Master of Study, buat kamu yang butuh motivasi belajar saat sekolah

God of Study atau Master of Study adalah film drama televisi asal Korea Selatan tahun 2010 yang ditayangkan di stasiun televisi KBS2. Serial ini diadaptasi dari manga populer asal Jepang Dragon Zakura yang ditulis oleh Mita Norifusa menceritakan tentang Kang Suk Ho, seorang pengacara yang miskin. Ia kemudian ditugaskan untuk memulihkan kondisi sekolah SMA Byung Meon yang sarat dengan prestasi. Kang Suk Ho membuka kelas khusus yang akan mengirim para siswanya untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Cheon-ha.

Percaya nggak percaya, berkat serial ini aku menjadi sangat rajin belajar untuk masuk universitas hingga akhirnya aku berhasil di terima di FEUI, lho! Serial drama korea ini banyak mengajarkanku arti kehidupan dan sesulit apapun kondisinya, kita nggak boleh menyerah dan malas belajar. Buat kamu yang masih duduk di bangku SMA, aku saranin banget nonton ini.

Sekedar sharing, saat aku duduk di bangku SMA, aku sering mendengarkan sountrack lagu-lagu God of Study sambil belajar. Salah satunya berjudul Because I’m Weary yang dinyanyikan oleh Ernest.

2. Navirella, buat kamu yang butuh motivasi untuk terus mengejar impian dan passion dalam hidup

Navillera merupakan salah satu drama Korea hasil adaptasi webtoon terbaru. Serial ini mengisahkan pertemanan unik antara pria berusia 70 tahun dengan seorang penari balet berusia 23 tahun.

Sim Deok-chul (Park In-hwan) merupakan seorang pensiunan tukang pos yang sempat hendak mengubur mimpinya. Ia membuang semua kenang-kenangan berharganya untuk menghapus keterikatannya pada balet. Namun ketika hendak mengubur mimpinya dalam-dalam, ia merasa tak pernah benar-benar berusaha untuk mendapatkan keinginannya. Deok-chul kemudian berupaya mewujudkan mimpinya sebagai penari balet sebelum tutup usia. Hal itu dilakukan agar tak hidup dalam penyesalan. Ia kemudian bergabung dalam sekolah balet dan di sana ia bertemu Lee Chae-rok (Song Kang).

Lee Chae-rok merupakan remaja berusia 23 tahun. Sejak kecil, ia mencoba banyak olahraga seperti baseball, renang, dan sepak bola. Namun, ia tertarik pada balet. Ibunya merupakan penari balet tapi meninggal karena sakit. Di sisi lain, ayah Lee Chae-rok mengalami bangkrut. Chae-rok terlihat sedang merasa kebingungan dan frustasi karena hidupnya tidak berjalan sesuai keinginannya, mulai dari keluarga, orang-orang sekitar, maupun balet. Tekanan itu membuat Lee Chae-rok mulai kehilangan hasratnya atas balet. Di saat itu ia bertemu Sim Deok-chul yang benar-benar ingin menjadi penari balet. Mereka pun bersatu dan menjalin persahabatan yang unik untuk menghadapi tantangan dan mengejar mimpi masing-masing.

Berikut trailernya:

Jujur, drama ini sangat mengesalkan! Bagaimana bisa drama ini selalu mengandung bawang di tiap episodenya??? :'(

Aku menonton drama ini saat aku sedang terpuruk dan bingung menentukan arah dalam hidupku. Rasanya, selama ini aku hidup dari mimpi orang lain. Aku takut menjalani impianku. Tapi drama ini membuatku belajar bahwa aku tidak ingin menyesal di kemudian hari, dan aku harus menggapai impian dan passionku dibanding menyesal di akhir hayat.

Sountrack-nya juga nggak kalah kurang ajar, dimana liriknya mengandung bawang yang kuat.

3. Ending Planner, buat kamu yang butuh motivasi hidup.

Masato Ihara mewarisi bisnis keluarga yang diambang kebangkrutan, yaitu menjadi petugas pemakaman setelah ayahnya meninggal meskipun dia tidak mau. Dia sekarang harus berurusan dengan pekerjaan barunya dan keluarganya yang terasing setelah sebelumnya bekerja sebagai manajer regional untuk sebuah restoran waralaba. Ayah Masato, Kotaro Ihara menjalankan bisnis layanan pemakaman keluarga dan bekerja sebagai petugas pemakaman di sana.

Masato Ihara memiliki 4 saudara kandung dan dia adalah putra tertua kedua. Sejak kecil, Masato sudah tidak menyukai bisnis ayahnya. Setelah lulus kuliah, dia meninggalkan rumah dan jarang berkunjung. Masato merasa lega karena kakak laki-lakinya Kento Ihara ingin mengambil alih bisnis keluarga. Suatu hari, Masato melihat seorang wanita berjalan menuju ujung peron kereta bawah tanah. Masato berpikir bahwa dia akan bunuh diri dan meraih lengannya. Dia mengatakan kepadanya bahwa suatu hari nanti wanita itu akan mengingat hari ini dan berpikir tentang betapa lebih baik hal itu tidak terjadi.

Drama ini mengisahkan mengenai kisah hidup yang berhadapan langsung dengan kematian. Baik kematian orang terdekat, keluarga, pasangan, bahkan orang asing sekalipun. Drama ini juga mengajarkan untuk menghargai kehidupan seburuk apapun kondisinya. Drama ini banyak mengandung bawang meskipun tidak sebesar Navirella.

4. Misaeng, buat kamu yang butuh motivasi menghadapi drama kantor

Misaeng menceritakan pengalaman kerja Jang Geu-rae , lelaki berusia 26 tahun yang menghabiskan banyak waktunya untuk kerja part-time dan karena fokus menjadi pemain profesional baduk (sejenis permainan catur khas Korea). Jang Geu-rae digambarkan sebagai lelaki tidak kompeten, lulusan SMA yang hanya memiliki pengalaman kerja ‘kasar’. Melalui rekomendasi seorang kenalannya, Jang Geu-rae berhasil magang di One International, sebuah perusahaan dagang besar yang terkenal.

Karena masuk lewat jalur ‘KKN’, Jang Geu-rae dibenci oleh rekan-rekannya sesama pekerja magang. Jang Geu-rae, yang menyadari dirinya tidak disukai dan diremehkan banyak orang, akhirnya bekerja keras untuk membalikkan pandangan negatif tersebut.

Seolah terinspirasi oleh perkataan Joker, “Disappoint them!”, Jang Geu-rae ingin membuktikan kemampuan terbaiknya di tempat kerja, sekaligus mengecewakan semua orang yang sudah memandang rendah dirinya. Dengan menggunakan strategi permainan baduk, Jang Geu-rae berhasil lolos tes magang dan bisa bertahan hingga akhir kontrak kerjanya sebagai karyawan sementara selama dua tahun di perusahaan.

Satu hal yang membuat Misaeng layak untuk ditonton dan menjadi salah satu serial drama Korea terbaik adalah kutipan-kutipan yang diucapkan para tokohnya. Kutipan-kutipan yang mampu menyemangati penonton untuk tetap semangat melakoni kerasnya dunia kerja. Salah satunya adalah seperti yang dikatakan Jang Geu-rae, 

“We have part in our live as ‘me’. Life is full of oportunities, there won’t be winner or looser. This world decides an a part that called as ‘me’.

5. Itaewon Class, buat kamu yang butuh motivasi untuk jadi pengusaha

Itaewon Class menceritakan kehidupan Park Sae-royi, pemuda gigih yang tak berkompromi dengan ketidakadilan dan korupsi sejak remaja. Drama Itaewon Class ini pada intinya mengisahkan upaya balas dendam Park Sae Royi terhadap CEO sebuah perusahaan makanan beserta anaknya karena ketidakadilan yang diterimanya di masa lalu.

Ketika nonton Itaewon Class, aku belajar banyak hal mulai dari tentang networking, leadership, investasi, dan semangat pantang menyerah. Kebetulan aku sedang merintis bisnis, ketika nonton Itaewon Class, aku menjadi lebih bersemangat berusaha.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Previous post BPN 30 Day Ramadhan Blog Challenge 2021, Day-5: 7 Fakta Tentangku dan Hidupku
Next post BPN 30 Day Ramadhan Blog Challenge 2021, Day-7: Target di Tahun 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *